Skip to toolbar

ANALISIS DATA PENELITIAN SEDERHANA DENGAN SPSS 17.0

ANALISIS DATA PENELITIAN SEDERHANA

DENGAN SPSS 17.0

 

Anton Subarno, S.Pd., M.Pd.

 

Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) adalah suatu software yang berfungsi untuk menganalisis data, melakukan perhitungan statistik baik untuk statistik parametric maupun non parametric dengan basis window. Pertama kali SPSS ini masih under DOS dan bernama SPSS PC, kemudian dalam perkembangannya berubah menjadi under window dan popular di Indonesia mulai SPSS versi 6, versi 7.5, versi 9, versi 10, versi 11.5, versi 13, versi 15, versi 16 dan versi 17.

Buku ajar ini terdiri dari 7 bab, gambaran umum setiap bab adalah sebaai berikut:

BAB I Lembar Kerja SPSS. Pada bab pertama ini berisi tentang lembar kerja SPSS yang terdiri dari Data Editor, Viewer, Privot Table Editor, Chart Editor, Text Ouput Editor, dan Syntax Editor. Selain itu  berisi tentang pengaturan ukuran  lembar kerja, Status Bar, Nama variabel dan lebeling, memilih variabel, serta tipe data dan pengukurannya.

BAB II Data SPSS. Bab kedua ini berisi tentang cara membuka data / import data dari berbagai format file. Selain itu juga cara menyimpan / eksport data kedalam berbagai format file.

BAB III Edit Data. Bab tiga berisi tentang pengaturan variabel dalam SPSS, cara entry data, dan cara edit data dalam lembar kerja SPSS yang terdiri dari cara mengkopi data, cara memindahkan data, dan cara menyisipkan data termasuk juga didalamnya mengubah dan menambah variabel.

BAB IV Uji Validitas dan Reliabilitas. Bab empat ini berisi tentang  uji validitas yaitu validitas isi dengan teknik Product moment, macam-macam uji reliabilitas yaitu, secara eksternal maupun internal. Secara eksternal pengujian dapat dilakukan dengan test-retest (stability), equivalent, dan gabungan keduanya. Secara internal reliabilitas instrumen dapat diuji dengan menganalisis konsistensi butir-butir yang ada pada instrumen dengan teknik tertentu. Contoh uji reliabilitas dengan alpha cronbach.

BAB V Deskripsi Data. Cara mendeskripsikan data dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu frekuensi data, descriptive statistics, dan explore. Setiap cara memiliki opsi untuk memunculkan tendensi sentral yang dinginkan.

BAB VI Korelasi dan Regresi. Uji korelasi yang digunakan pada bab ini adalah korelasi bivariate yang meliputi pearson product momen, Rho, dan kendall Tau-b. Regresi dalam bab ini meliputi regresi sederhana (satu preditor) dan regresi ganda ( dua prediktor)

BAB VII Uji Asumsi Klasik. Uji asumsi klasik meliptui uji multikolinieritas, autokorelasi, heteroskedastisitas, uji normalisa, dan uji linieritas. Uji asumsi klasik untuk dua prediktor.

 

Tertarik untuk memiliki? Bisa kontak di email  anton_752001@yahoo.com atau datang ke kantor.